Minggu, 15 Januari 2012

KEGIATAN ISTIGHOTSAH

Pengertian kata “ISTIGHOTSAH ” berasal dari “AL-GHOUTS yang berarti pertolongan.
ISTIGHOTSAH berarti meminta pertolongan. Karena ISTIGHOTSAH mengikuti wazan "ISTAF’ALA”  berarti menunjukkan arti permintaan atau permohonan
ISTIGHOTSAH berarti " THOLABUL GHOUTS "   Artinya  meminta pertolongan. ISTI’ANAH  juga berarti “ THOLABUL ‘AUN “ Artinya meminta pertolongan ,  kedua kalimat tersebut mempunyai pola yang sama yaitu menganut pola / wazan “ISTIF’AL“ namun oleh para ulama kedua kalimat tersebut tetap di bedakan dimana ISTIGHOTSAH adalah memohon pertolongan ketika keadaan sedang sulit atau sukar , sedangkan ISTI’ANAH adalah memohon pertolongan dengan arti lebih luas.
ISTIGHOTSAH maupun ISTI’ANAH  tercantum dalam  teks-teks Al-Qur'an atau hadits Nabi Muhammad SAW. Seperti :
Dalam surat Al-Anfal ayat 9 disebutkan: yang artinya :
"(Ingatlah wahai Muhammad), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu lalu Dia mengabulkan permohonanmu." (QS Al-Anfal:9)
Penjelasan ayat ini adalah ketika peristiwa Nabi Muhammad SAW ditengah gejolaknya perang badar  dimana kekuatan musuh lebih besar tiga kali lipat dibanding kekuatan umat islam maka  nabi Muhammad SAW memohon bantuan / pertolongan kepada alloh, maka alloh menolongnya dengan mengirimkan bala bantuan yaitu  sejumlah seribu pasukan malaikat.
Dalam surat Al-Ahqaf ayat 17 juga disebutkan; yang artinya :
"Kedua orang tua memohon pertolongan kepada Allah." (QS Al-Ahqaf:17)
Ayat ini menunjukan pula bahwa orang tua memohon kepada alloh atas kedurhakaan anaknya dan ketidak mauannya  meyakini hari kebangkitan, maka tidak ada cara lain  untuk menyadarkan sang anak kecuali memohon pertolongan kepada alloh SWT atas segala sesuatu.
Dari kedua contoh ayat tadi maka dapat pula disimpulkan bahwa ISTIGHOTSAH  adalah memohon pertolongan dari Allah SWT untuk terwujudnya sebuah "KEAJAIBAN" . sebenamya sama dengan berdoa akan tetapi bila disebutkan kata ISTIGHOTSAH maka bisa dimaknai  lebih dari hanya sekedar berdoa.
Pembacaan ISTIGHOTSAH biasanya dilakukan secara berjama’ah , dan biasanya pula ditambah kaifiyah-kaifiyah ( cara ) tertentu , seperti tawashul dan istighfar  sehingga Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan itu.
Sedangkan ISTI’ANAH  terdapat di dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman:Wasta’iinu bishobri Wassholah “ Artinya “Mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” (QS Al-Baqarah:
Kegiatan : JAM’IYYAH ISTIGHOTSAH “AT-TARGHIBUL HIKMAH DAN ZIAROH WALI SHONGO, MELAKUKAN KEGIATAN INI  SETIAP SELASA MALAM RABU DENGAN SUMBER ISTIGHOTSAH HASIL IJAZAHAN DARI SYEKH KHOLIL AL-BANGKALANI (BANGKALAN MADURA ) DAN SYEKH ABDUL MALIK IHSAN ( JAMPES KEDIRI JAWA TIMUR ) PESERTA DARI SEMUA KALANGAN UMAT ISLAM, DENGAN JUMLAH YANG TAK TERBATAS.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar